tag:blogger.com,1999:blog-30382482347338237212024-03-13T06:41:38.139-07:00TOKO KALIGRAFI ONLINEheriyadi.rahmadhttp://www.blogger.com/profile/13089817081948784944noreply@blogger.comBlogger2125tag:blogger.com,1999:blog-3038248234733823721.post-87439765275992305302011-05-12T06:37:00.000-07:002011-05-13T13:37:17.049-07:00Macam-macam Khat dalam Kaligrafi<div style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: blue; font-size: small;"><b>1. Khat Diwani</b></span></div><div style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="color: blue; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif; font-size: small;"><span style="color: black;">Diwani adalah salah satu gaya khat yang diciptakan oleh masyarakat Turki Usmani. Peletak dasar-dasar kaedah dan ukuran huruf-hurufnya adalah Ibrahim Munif. Tulisan ini mulai populer setelah penaklukan kota Konstantinopel oleh Sultan Muhammad al-Fatih tahun 875 H. Penamaan Diwani karena dinisbahkan kepada kantor-kantor pemerintah dimana tulisan tersebut digunakan dan dari dewan-dewan pemerintahan itulah khat ini menyebar ke seluruh kalangan masyarakat. Karakter Diwani dikenal dengan putarannya, sehingga tidak satupun huruf yang tidak mempunya lengkungan. Goresannya yang lentur dan lembut memudahkan Diwani beradaptasi dengan tulisan apapun. Hal ini pula yang memudahkan para kaligrafer menulis dengan Diwani.</span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="color: blue; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif; font-size: small;"><span style="color: black;">Diwani memiliki tiga macam bentuk, yaitu:</span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><b><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;">a. Khat Diwani 'Adi</span></span></b></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;">Diwani 'Adi merupakan gaya khat yang tampil biasa (<i>'adi</i>) sesuai struktur tulisan, sehingga mudah dibaca. Ciri tampilannya tampak pada kali-kali tulisan yang umumnya berbaris datar dengan pucuk-pucuk huruf bergelombang dinamis.</span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>b. Khat Diwani Mutarabit</b></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Gaya ini merupakan Diwani yang huruf-huruf dan rangkaian katanya saling menjalin atau bersilangan (<i>mutarabit</i>) satu sama lain. Besar kemungkinan pola semacam ini merupakan hasil pengaruh khat <i>Musalsal </i>ciptaan Ibnu Bawab. Dalam jenis khat Diwani Mutarabit ini, kaligrafer modern Gazlan Bek dari Mesir merupakan tokohnya. Gazlan berhasil membuat karya-karya masterpiece yang banyak dijadikan acuan, sehingga para kritikus dan pengamat menisbahkan gaya khat ini kepada Gazlan sehingga disebut Khat Diwani Gazlani.</span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>c. Khat Diwani Jali</b></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Diwani Jali diciptakan oleh Syahlan Pasha dari Turki dan merupakan pengembangan dari Diwani 'Adi. Jali artinya Jelas. Kejelasan tersebut tampak pada detail syakal dan hiasan yang penuh di dalamnya. Tujuan diciptakannya Diwani Jali ialah untuk menuliskan peraturan-peraturan kesultanan dan surat-surat ke luar negeri.</span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><b>2. Khat Tsuluts</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;">Dinamakan khat tsuluts karena ditulis dengan kalam yang ujung pelatuknya dipotong dengan ukuran sepertiga (<i>tsuluts</i>) goresan kalam. Ada pula yang menamakannya khat Arab karena gaya ini merupakan sumber pokok aneka ragam kaligrafi Arab yang banyak jumlahnya setelah khat Kufi. Untuk menulis dengan khat tsuluts, pelatuk kalam dipotong dengan kemiringan kira-kira setengah lebar pelatuk. Ukuran ini sesuai untuk khat <i>tsuluts 'adi </i>dan <i>tsuluts jali</i>. Khat Tsuluts yang banyak digunakan untuk dekorasi dinding dan berbagai media karena kelenturannya, dianggap paling sulit dibandingkan gaya-gaya lain, baik dari segi kaedah ataupun proses penyusunannya yang menuntut harmoni dan seimbang. Dalam rentang perjalanannya, khat Tsuluts berkembang menjadi beberapa gaya, antara lain:</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>a. Khat Tumar</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Khat yang diciptakan oleh Qutbah al-Muharrir yang tumbuh dan berkembang di masa Bani Umayyah ini biasa ditulis dalam ukuran besar dengan aturan-aturannya yang simpel. Khat ini sangat cocok untuk dekorasi dinding atau media-media berukuran besar. Para khattat Turki menamakannya Jali Tsuluts atau Tsuluts Besar. Tumar atau Tamur jamaknya Tawamir bermakna sahifah (lembaran atau manuskrip). Khat Tumar artinya khat yang ditulis di lembaran atau menuskrip.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>b. Khat Muhaqqaq</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Penciptanya adalah Ibnu Bawab (413 H). Ibnu Bawab adalah kaligrafer masyhur setelah Ibnu Muqlah. Khat ini hampir mirip dengan khat Tsuluts karena perbedaan keduanya sangat samar dan hanya dapat diketahui oleh ahli khat yang cermat. Pada perkembangannya, khat ini semakin redup dan jarang sekali digunakan, sehingga posisinya digeser oleh Khat Tsuluts.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>c. Khat Raihani</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Pencipta khat ini adalah Ibnu Bawab juga, namun berhubungan erat dengan Ali ibn al-Ubaydah al-Rayhan (834 M), sehingga namanya diambil untuk nama khat ini. Pendapat lain menjelaskan Rayhani dengan kata Rayhan yang berarti harum semerbak karena keindahan dan popularitasnya.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>d. Khat Tawqi'</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Tawqi' artinya tanda tangan, karena para khalifah dan perdana menteri senantiasa menggunakan Tawqi' untuk menandatangani perbagai naskah mereka. Diciptakan oleh Yusuf al-Syajari (825 M). Lalu berkembang di tangan Ahmad ibn Muhammad yang dikenal dengan Ibnu Khazin (1124 M) sebagai murid generasi kedua Ibnu Bawab. Yang membedakan Tsuluts dengan Tawqi' adalah ukuran Tawqi' yang selalu ditulis sangat kecil. Bentuk yang menyerupai Tawqi' adalah Tugra' atau Turrah yang pada awalnya berfungsi sebagai cap dan lambang sultan-sultan Usmani dengan ukuran yang bervariasi.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>e. Khat Riqa' atau Ruqa'</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Riqa' jamaknya Ruq'ah artinya lembaran daun kecil halus yang digunakan untuk menulis khat tersebut. Gaya ini diciptakan oleh al-Ahwal al-Muharrir yang diolahnya dari Khafif Tsuluts. Sebagian sejarawan menamakan gaya ini dengan khat Tawqi', namun yang lebih benar adalah bahwa Riqa' pun diolah pula dari Tawqi'. Ukuran Riqa' lebih kecil dari Tawqi' dan digunakan khusus untuk menyalin teks-teks kecil dan penyajian kisah.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>f. Khat Tsulusain</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Diciptakan oleh saudara Yusuf al-Syajari bernama Ibrahim al-Syajari (200 H) di zaman Bani Abbas. Ibrahim membuat kaedah Tsulusain dari khat yang sudah ada semenjak dahulu yaitu khat Jalil. Tsulusain berarti dua pertiga, karena ditulis dengan kalam yang ujung pelatuknya dipotong seukuran dua pertiga lebar goresan kalam, sedikit lebih kecil dari khat Tumar yang ditulis sangat besar.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>g. Khat Musalsal</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Diciptakan oleh al-Ahwal al-Muharrir dari keluarga Barmak di zaman Bani Abbas. Sebagian huruf-huruf khat ini saling berhubungan, oleh karena itu beberapa sejarawan modern menamakannya khat Mutarabit yang berarti saling ikat atau berikatan.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>h. Khat Tsuluts 'Adi</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Pencipta khat ini adalah Ibrahim al-Syajari diawal abad ke-3 H di zaman Bani Abbas. Dalam beberapa kamus bahasa Arab disebutkan, "<i>anna al-sulusiyya min al-khuttut huwa al-galiz al-huruf</i>" (sepertiga dari khat adalah huruf yang sulit).</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>i. Khat Tsuluts Jali</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Jali artinya <i>wadih </i>(jelas). Kejelasan dalam hal ini terletak pada lebar anatomi hurufnya yang lebih dominan daripada jaraknya, dibandingkan dengan jarak yang lebih dominan daripada lebar anatomi hurufnya dalam Tsuluts 'Adi. Dengan demikian, dalam Tsuluts Jali akan tampak dengan jelas komposisi huruf yang bertumpuk memadati ruang media yang ditulis. Khat ini banyak digunakan untuk menulis judul-judul dan media seni yang permanen.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>j. Khat Tsuluts Mahbuk</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Mahbuk artinya terstruktur atau tersusun rapi, yang diukur menurut keindahan pembagian (<i>husn al-tawzi'</i>) dan aturan komposisi (<i>ikham al-tartib</i>). Keindahan pembagian dicirikan dengan tidak adanya kelompok huruf yang bertumpujk di satu tempat sementara tempat lain terlalu kosong sehingga mendorong khatta memperbanyak dan mengisinya dengan syakal dan hiasan untuk mensari keseimbangan. Sedangkan aturan komposisi adalah ketepatan memposisikan kata, huruf dan titik di tempat-tempat yang strategis.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>k. Khat Tsuluts Muta'assir bil Rasm</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Beberapa khattat atau kaligrafer berusaha menggubah aksara Arab kepada bentuk visual yang bisa berbicara biar lebih bervariasi sekaligus untuk menyeimbangkan antara ketaatan terhadap ajaran agama dengan kesenangan menggambar, karena dalam Islam visualisasi mahluk hidup secara jelas berlawanan dengan semangat dakwah agama tersebut untuk selalu menjaga ketauhidan dan menjauhi kesyirikan. Potensi huruf Arab yang sangat lentur dan mudah dibentuk mendorong para khattat menciptakan gambar-gambar simbol yang mengungkap kalimat-kalimat suci dan tauhid, sehingga kaligrafi diolah menjadi sarana menggambar yang terbebas dari visualisasi mahluk hidup secara terang-terangan. Khat yang dipengaruhi gambar ini akhirnya diterima dan populer di kalangan seniman muslim. Banyak ragam dan variasi aliran khat ini, yang secara bebas mengambil pola figural atau simbolik gambar manusia, binatang, tumbuhan dan benda-benda lainnya.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>l. Khat Tsuluts Handasi</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Gaya ini merupakan Tsuluts yang menyusun huruf dan kata secara geometris (<i>handasi</i>) dan indah berdasarkan rasa seni, sehingga menjadi dasar kekompakan, keserasian dan penyatuan sebuah karya.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>m. Khat Tsuluts Mutanazhir</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Mutanazhir artinya saling memantul. Dinamakan pula khat Tsuluts Mir'at (cermin), dimana yang berada disamping kanan memantul ke samping kirinya, sehingga seolah diantara dua sisi tersebut ada cermin. Khat ini dinamakan juga dengan gaya Ma'kus (memantul), musanna (AC-DC atau dua dimensi) d an 'Aynali (saling tatap). Gaya ini tidak lepas dari pengaruh kebudayaan muslim yang saling berbalas kebaikan dalam kehidupan sehari-hari seperti salam dan menjawabnya.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><b>3. Khat Naskhi</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;">Khat Naskhi adalah tulisan yang sampai ke wilayah Arab Hijaz dalam bentuknya yang paling akhir, setelah lepas dari bentuknya yang kuno sebelum masa kenabian. Selanjutnya gaya tulisan yang semakin sempurna tersebut digunakan untuk urusan administrasi perkantoran dan surat-menyurat di zaman kekuasaan Islam. pada abad ke-3 dan ke-4 Hijriyah, pola-pola Naskhi bertambah indah berkat kodifikasi yang dilakukan Ibnu Muqlah (272-328 H). para ahli sejarah beranggapan, bahwa Ibnu Muqlah adalah peletak dasar Khat Naskhi dalam bentuknya yang sempurna di zaman Bani Abbas. Di zaman kekuasaan Atabek Ali (545 H), usaha memperindah Khat Naskhi mencapai puncaknya sehingga terkenalah gaya yang disebut Naskhi Atabeki yang banyak digunakan untuk menyalin mushaf al-Qur'an di abad pertengahan Islam dan menggeser posisi khat Kufi kuno yang banyak digunakan sebelumnya. Khat ini disebut Naskhi karena para Khattat menulis mushaf al-Qur'an dan berbagai buku dengan menggunakan gayanya.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;">Naskhi adalah tulisan yang sangat lentur dengan banyak putaran dan hanya memiliki sedikit sudut yang tajam seperti sudut-sudut Kufi. Sekarang huruf-huruf Naskhi menyebar di aneka penerbitan untuk mencetak buku,, koran dan majalah, bahkan meluas menjadi huruf-huruf komputer. Dibandingkan dengan gaya lain, Naskhi lebih mudah digunakan untuk mengajari membaca para pemula. Ada kesepakatan, bahwa Naskhi membantu penulis menggoreskan penanya dengan cepat, dibandingkan kaligrafi bergaya rumit semisal Tsuluts, karena huruf-hurufnya yang kecil dan pertemuan secara jelas goresan-goresan memanjangnya, didukung oleh harmoni huruf-huruf dan keindahan posturnya. Naskhi ada dua model, yaitu:</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>a. Khat Naskhi Qadim</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Naskhi Qadim atau kuno adalah gaya tulisan yang sampai kepada kita dari zaman Abbas kemudian diperindah oleh Ibnu Muqlah, diperindah lagi oleh masyarakat Atabek, lalu diolah lagi menjadi karya yang semakin sempurna oleh orang-orang Turki. Para khattat sekarang secara tradisional menulis dengan gaya ini semata-mata karena mengikuti kaedah dan asal muasalnya yang lama, yang telah diletakkan dasar-dasarnya oleh para empu kita dahulu, mencakup ukuran, ketinggian, tipis tebal garis horizontal dan vertikal, sampai bentuk-bentuk lengkungannya.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><b>b. Khat Naskhi Suhufi</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;">Naskhi Suhufi atau jurnalistik merupakan gaya tulisan yang terus berkembang bentuk hurufnya. Dinamakan Suhufi karena penyebarannya yang luas di lapangan jurnalistik. Berbeda dengan Naskhi Qadim yang lebih lentur dengan banyak putaran, Naskhi Suhufi cenderung kaku dan pada beberapa bagian mendekati bentuk kufi karena memiliki sudut-sudut yang tajam. Makanya gaya ini kerap disebut Naskhi-Kufi atau perpaduan Naskhi dan Kufi dengan ciri-ciri umum sapuan horizontalnya sangat tebal dan sapuan vertikalnya sangat tipis dan pendek. Naskhi-Kufi yang banyak digunakan di lapangan advertensi, papan nama, poster dan judul-judul tulisan koran dan majalah telah masuk dalam dunia komputer, sehingga jarang atau bahkan tidak pernah digoreskan langsung oleh tangan.</span><b> </b></span> </span><b> </b></span> </span><b> </b></span> </span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><b> </b></span></span></span></span></span></span></span></span> <b> </b> <b><span style="color: magenta;"><span style="font-size: small;"> </span></span></b></div>heriyadi.rahmadhttp://www.blogger.com/profile/13089817081948784944noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-3038248234733823721.post-63217648261305437452011-05-10T23:14:00.000-07:002011-05-11T04:20:34.219-07:00Sejarah Kaligrafi<div style="text-align: center;"><span style="color: cyan;"><span style="font-weight: bold;"><span style="font-size: small;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;">Secara bahasa "kaligrafi" merupakan penyederhanaan dari <i>calligraphy </i>(kosakata dari bahasa Inggris).</span></span></span></span></div><div style="text-align: center;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><b><span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="font-size: small;"><span style="color: blue;">Kata ini diadopsi dari bahasa Yunani yang diambil dari kata <i>kallos </i>yang berarti <i>beauty </i>(indah) dan <i>graphein </i>yang artinya <i>to write </i>(menulis) berarti tulisan atau aksara, yang berarti "tulisan yang indah atau seni tulisan indah. Dalam bahasa Arab kaligrafi disebut <i>khat </i>yang berarti garis.</span></span></span></b></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;">Secara istilah dapat diungkapkan, <i><span style="color: magenta;">"calligraphy is hanwriting as an art, to some calligraphy will mean formal penmanship, distinguish from writing only by its exellents guality"</span> </i>(kaligrafi adalah tulisan tangan sebagai karya seni, dalam beberapa hal yang dimaksud kaligrafi adalah tulisan formal yang indah, perbedaannya dengan tulisan biasa adalah kualitas keindahannya). Ada juga ungkapan lain, seperti <b>Hakim al-Rum </b>mengatakan : <span style="color: magenta;">Kaligrafi adalah geometri spiritual dan diekspresikan dengan perangkat fisik. <span style="color: black;">Sementara <b>Hakim al-Arab </b>menuturkan <span style="color: magenta;">kaligrafi adalah pokok dalam jiwa dan diekspresikan dengan indra indrawi. <span style="color: black;">Batasan-batasan tersebut seiring pula dengan yang diungkapkan oleh <b>Yaqut al-Musta'shimi </b>bahwa kaligrafi adalah geometri rohaniah yang dilahirkan dengan alat-alat jasmaniah. Sementara <b>Ubaidillah bin Abbas </b>mengistilahkan kaligrafi dengan <i>lisan al-yadd </i>atau lidahnya tangan serta masih banyak lagi terminologi kaligrafi yang senada dengan yang telah disebutkan. Namun terminologi kaligrafi yang lebih lengkap diungkapkan oleh <b>Syaikh Syamsuddin al-Akfani </b>sebagai berikut: <span style="color: magenta;">kaligrafi adalah suatu ilmu yang memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, letak-letaknya dan tata cara merangkainya menjadi sebuah tulisan yang tersusun atau apa yang ditulis diatas garis-garis, bagaimana cara menulisnya dan menentukan mana yang tidak perlu ditulis, menggubah ejaan yang perlu digubah dan menentukan cara bagaimana untuk menggubahnya.</span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: blue;"><b>I. Sejarah Perkembangan Kaligrafi di Dunia Islam</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;">Bangsa Arab diakui sebagai bangsa yang sangat ahli dalam bidang sastra, dengan sederet nama-nama sastrawan beken pada masanya, namun dalam hal tradisi tulis-menulis (baca: <i>khat</i>) masih tertinggal jauh bila dibandingkan dengan beberapa bangsa di belahan dunia lainnya yang telah mencapai tingkat kualitas tulisan yang sangat prestisius. Sebut saja misalnya bangsa Mesir dengan tulisan <i>Hierogliph,</i> bangsa India dengan <i>Devanagari</i>, bangsa Jepang dengan aksara <i>Kaminomoji</i>, bangsa Indian dengan <i>Azteka</i>, bangsa Assiria dengan <i>Fonogram/Tulisan Paku</i> dan pelbagai negeri lain sudah terlebih dahulu memiliki jenis huruf/aksara. Keadaan ini dapat dipahami mengingat Bangsa Arab adalah bangsa yang hidupnya <i>nomaden </i>(berpindah-pindah) yang tidak mementingkan keberadaan sebuah tulisan, sehingga tradisi lisan (komunikasi dari mulut ke mulut) lebih mereka sukai, bahkan beberapa diantara mereka tampak anati huruf. Tulisan baru dikenal pemakaiannya pada masa menjelang kedatangan Islam dengan ditandai pemanjangan <i>al-Mu'alaqot </i>(syair-syair <i>masterpiece </i>yang ditempel di dinding Ka'bah).</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div><div style="text-align: justify;"><br />
</div><div style="text-align: justify;"><span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;">Pembentukan huruf abjad Arab sehingga menjadi dikenal pada masa-masa awal Islam memakan waktu berabad-abad. Inskripsi Arab Utara bertarikh 250 M, 328 M dan 512 M menunjukkan kenyataan tersebut. Dari inskripsi-inskripsi yang ada, dapat ditelusuri bahwa huruf Arab berasal dari huruf Nabati, yaitu huruf orang-orang Arab Utara yang masih dalam rumpun <i>Smith </i>yang terutama hanya menampilkan huruf-huruf mati. Dari masyarakat Arab Utara yang mendiami Hirah dan Anbar, tulisan tersebut berkembang pemakaiannya ke wilayah-wilayah selatan Jazirah Arah.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: cyan;"><b> A. Perkembangan Kaligrafi Periode Bani Umayyah (661-750 M)</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;">Beberapa ragam kaligrafi awalnya dikembangkan berdasarkan nama kota tempat dikembangkannya tulisan. Dari berbagai karakter tulisan hanya ada tiga gaya utama yang berhubungan dengan tulisan yang dikenal di Makkah dan Madinah yaitu <i>Mudawwar </i>(bundar), <i>mutsallats </i>(segitiga) dan <i>Ti'im </i>(kembar yang tersusun dari segitiga dan bundar). Dari tiga inipun hanya dua yang diutamakan yaitu gaya <i>kursif </i>dan mudah ditulis yang disebut gaya <i>muqawwar </i>berciri lembut, lentur dan gaya <i>mabsut </i>berciri kaku dan terdiri dari goresan-goresan tebal (<i>rectilinear</i>). Dua gaya ini pun menyebabkan timbulnya pembentukan sejumlah gaya lain lagi yang diantaranya <i>Mail </i>(miring), <i>Masyq </i>(membesar) dan <i>Naskh </i>(inskriptif). Gaya <i>Masyq </i>dan <i>Naskh </i>terus berkembang, sedangkan <i>Mail </i>lambat laun ditinggalkan karena kalah oleh perkembangan <i>Kufi. </i>Perkembangan <i>Kufi </i>pun melahirkan beberapa variasi baik pada garis vertikal maupun horizontalnya, baik menyangkut huruf-huruf maupun hiasan ornamennya. Muncullah gaya <i>Kufi Murabba' </i>(lurus-lurus), <i>Muwarraq </i>(berdekorasi daun), <i>Mudhaffar </i>(dianyam), <i>Mutarabith Mu'aqqad </i>(terlilit berkaitan) dan lainnya. Demikian pula gaya <i>kursif </i>mengalami perkembangan luar biasa bahkan mengalahkan gaya <i>Kufi </i>, baik dalam hal keragaman gaya baru maupun penggunaannya. Dalam hal ini penyalinan al-Qur'an, kitab-kitab agama, surat-menyurat dan lainnya.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"><br />
</span></span><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;">Diantara kaligrafer <b>Bani Umayyah </b>yang paling termashyur mengembangkan tulisan kursif adalah <b>Qutbah al-Muharrir</b>. Ia menemukan empat tulisan yaitu <i>Thumar, Jalil, Nisf </i>dan <i>Tsuluts</i>. Keempat tulisan ini saling melengkapi antara satu gaya dengan gaya lain sehingga menjadi lebih sempurna. Tulisan Thumar yang berciri tegak lurus ditulis dengan pena besar pada <i>tumar-tumar </i>(lembaran penuh, gulungan kulit atau kertas) yang tidak terpotong. Tulisan ini digunakan untuk komunikasi tertulis para khalifah kepada amir-amir dan penulisan dokumen resmi istana. Sedangkan tulisan <i>Jalil </i>yang berciri miring digunakan oleh masyarakat luas.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;">Sejarah perkembangan periode ini tidak begitu banyak terungkap oleh karena khalifah pelanjutnya yaitu <b>Bani Abbasiyah </b>telah menghancurkan sebagian besar peninggalan-peninggalan demi kepentingan politis. Hanya ada beberapa contoh tulisan yang tersisa seperti prasasti pembangunan Dam yang dibangun Mu'awiyah, tulisan di Qubbah Ash-Shakhrah, inskripsi tulisan Kufi pada sebuah kolam yang dibangun Khalifah Hisyam dan lain-lain.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"> </span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"> </span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"> <span style="color: cyan;"><b>B. Perkembangan Kaligrafi Periode Bani Abbasiyah (750-1258 M)</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;">Gaya dan teknik menulis kaligrafi semakin berkembang terlebih pada periode ini semakin banyak kaligrafer yang lahir, diantaranya <b>Ad-Dahhak ibn 'Ajlan</b> yang hidup pada masa <b>Khalifah Abu Abbas As-Shaffah </b>(750-754 M) dan <b>Ishaq ibn Muhammad </b>pada masa Khalifah al-Manshur (754-775) dan al-Mahdi (775-786). Ishaq memberikan kontribusi yang besar bagi pengembangan tulisan <i>Tsuluts </i>dan <i>Tsulutsain </i>dan mempopulerkan pemakaiannya. Kemudian kaligrafer yaitu <b>Abu Yusuf as-Sijzi </b>yang belajar Jalil kepada Ishaq. <b>Yusuf </b>berhasil menciptakan huruf yang lebih halus dari sebelumnya.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;">Adapun kaligrafer periode <b>Bani Abbasiyah </b>yang tercatat sebagai nama besar adalah <b>Ibnu Muqlah </b>yang pada masa mudanya belajar kaligrafi kepada <b>Al-Ahwal al-Muharrir</b>. Ibnu Muqlah berjasa besar bagi pengembangan tulisan kursif karena penemuannya yang spektakuler tentang rumus-rumus geometrikal pada kaligrafi yang terdiri dari tiga unsur kesatuan baku dalam pembuatan huruf yang ia tawarkan yaitu: <i>titik, huruf alif, </i>dan <i>lingkaran</i>. Menurutnya setiap huruf harus dibuat berdasarkan ketentuan ini dan disebut <b><i>al-Khat al-Mansub </i></b>(tulisan yang berstandar). Ia juga mempelopori pemakaian enam macam tulisan pokok <i><b>(al-Aqlam as-Sittah</b></i><b>)</b> yaitu <i>Tsuluts, Naskhi, Muhaqqaq, Raihani, Riqa' dan Tauqi' </i>yang merupakan tulisan kursif. Tulisan Naskhi dan Tsuluts menjadi populer dipakai karena usaha Ibnu Muqlah yang akhirnya bisa menggeser dominasi khat <i>Kufi</i>.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;">Usaha Ibnu Muqlah pun dilanjutkan oleh murid-muridnya yang terkenal diantaranya <b>Muhammad ibn as-Simsimani</b> dan <b>Muhammad ibn Asad</b>. Dari dua muridnya ini kemudian lahir kaligrafer bernama <b>Ibnu Bawwab</b>. Ibnu Bawwab mengembangkan lagi rumus yang sudah dirintis oleh Ibnu Muqlah yang dikenal dengan <i>Al-Mansub Al-Faiq </i>(huruf bersandar yang indah). Ia mempunyai perhatian besar terhadap perbaikan khat Naskhi dan Muhaqqaq secara radikal. Namun karya-karyanya hanya sedikit yang tersisa hingga sekarang yaitu sebuah al-Qur'an dan fragmen duniawi saja.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;">Pada masa berikutnya muncul <b>Yaqut al-Musta'simi </b>yang memperkenalkan metode baru dalam penulisan kaligrafi secara lebih lembut dan halus lagi terhadap enam gaya pokok yang masyhur tersebut. Yaqut adalah kaligrafer besar dimasa akhir <b>Daulah Abbasiyah </b>hingga runtuhnya dinasti ini pada tahun 1258 M karena serbuan tentara Mongol.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;">Pemakaian kaligrafi pada masa <b>Daulah Abbasiyah </b>menunjukkan keberagaman yang sangat nyata, jauh bila dibandingkan dengan masa <b>Ummayah</b>. Para kaligrafer Daulah Abbasiyah sangat ambisius menggali penemuan-penemuan baru atau mendeformasi corak-corak yang tengah berkembang. Karya-karya kaligrafi lebih dominan dipakai sebagai ornamen dan arsitektur oleh Bani Abbasiyah daripada Bani Ummayah yang hanya mendominasi unsur ornamen floral dan geometrik yang mendapat pengarih kebudayaan <i>Hellenisme </i>dan <i>Sasania.</i></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"><i> </i><span style="color: cyan;"><b>C. Perkembangan Kaligrafi Periode Lanjut</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;">Selain di kawasan negeri Islam bagian timur (<i>al-Masyriq</i>) yang membentang disebelah timur Libya termasuk Turki, dikenal juga kawasan bagian barat negeri Islam (<i>al-Maghrib</i>) yang terdiri dari seluruh nege</span><b></b></span>ri Arab sebelah barat Mesir, termasuk Andalusia (Spanyol Islam). Kawasan ini memunculkan bentuk kaligrafi yang berbeda. Gaya keligrafi yang berkembang dominan adalah <i>Kufi Maghribi </i>yang berbeda dengan gaya di Baghdad (Irak). Sistem penulisan yang ditemukan oleh Ibnu Muqlah juga tidak sepenuhnya diterima, sehingga gaya tulisan kursif yang ada bersifat konservatif.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;">Sementara bagi kawasan Masyriq, setelah kehancuran Daulah Abbasiyah oleh tentara Mongol sibawah Jengis Khan dan puteranya Hulagu Khan, perkembangan kaligrafi dapat segera bangkit kembali tidak kurang dari setengah abad. Oleh <b>Ghazan </b>cucu <b>Hulagu Khan</b> yang telah memeluk agama Islam, tradisi kesenian pun dibangun kembali. Penggantinya yaitu <b>Uljaytu </b>juga meneruskan usaha Ghazan, ia memberikan dorongan kepada kaum terpelajar dan seniman untuk berkarya. Seni kaligrafi dan hiasan al-Qur'an pun mencapai puncaknya. Dinasti ini memiliki beberapa kaligrafer yang dibimbing <b>Yaqut </b>seperti <b>Ahmad al-Suhrawardi </b>yang menyalin al-Qur'an dalam gaya <i><b>Muhaqqaq </b></i>tahun 1304, <b>Mubarak Shah al-Qutb, Sayyid Haydar, Mubarak Shah al-Suyufi </b>dan lain-lain.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"> </span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;">Dinasti Il-Khan yang bertahan sampai abad ke-14 digantikan oleh Dinasti <b>Timuriyah </b>yang didirikan Timur Leng. Meskipun dikenal sebagai pembinasa besar, namun setelah ia masuk Islam kaum terpelajar dan seniman mendapat perhatian istimewa. Ia mempunya perhatian besar terhadap kaligrafi dan memerintahkan penyalinan al-Qur-an. Hal ini dilanjutkan oleh puteranya <b>Shah Rukh</b>. Diantara ahli kaligrafi pada masa ini adalah <b>Muhammad al-Tughra'I </b>yang menyalin al-Qur'an bertarih 1408 daam gaya Muhaqqaq emas. Dan putera Shah Rukh sendiri yang bernama <b>Ibrahim Sulthan </b>menjadi salah seorang kaligrafer terkemuka.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;">Dinasti Timuriyah mengalami kemunduran menjelang abad ke-15 dan segera digantikan oleh Dinasti Safawiyah yang bertahan di Persia dan Irak sampai tahun 1736. Pendirinya <b>Shah Ismail </b>dan penggantinya <b>Shah Tahmasp </b>mendorong perumusan dan pengembangan gaya kaligrafi baru yang disebut <b>Ta'liq </b>yang sekarang dikenal <i><b>Khat Farisi</b></i>. Gaya baru yang dikembangkan Ta'liq adalah <i><b>Nasta'liq </b></i>yang mendapat pengaruh dari Naskhi. Tulisan Nasta'liq akhirnya menggeser Naskhi dan menjadi tulisan yang biasa digunakan untuk menyalin sastra Persia.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"> </span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;">Di kawasan India dan Afganistan berkembang kaligrafi yang lebih bernuansa tradisional. Gaya <i><b>Behari </b></i>muncul di India pada abad ke-14 yang bergaris horisontal tebal memanjang yang kontras dengan garis vertikal yang ramping. Sedangkan di kawasan Cina memperlihatkan corak yang khas lagi, dipengaruhi tarikan kuas penulisan huruf Cina yang lazim disebut gaya <b><i>Shini</i></b>. Gaya ini mendapat pengaruh dari tulisan yang berkembang di India dan Afganistan. Tulisan Shini biasa ditorehkan di keramik dan tembikar.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;">Dalam perkembangan selanjutnya, wilayah Arab diperintaholeh <b>Dinasti Utsmaniyah (Ottoman)</b> di Turki. Perkembangan kaligrafi sejak masa dinasti ini hingga perkembangan terakhirnya selalu terkait dengan dinasti Utsmaniyah Turki. Perkembangan kaligrafi pada masa Utsmaniyah ini memperlihatkan gairah yang luar biasa. Kecintaan kaligrafi tidak hanya pada kalangan terpelajar dan seniman saja, tetapi juga beberapa sultan bahkan dikenal juga sebagai kaligrafer. Mereka tidak segan-segan untuk merekrut ahli-ahli dari negeri musuh seperti Persia, maka gaya Farisi pun dikembangkan oleh dinasti ini. Adapun kaligrafer yang dipandang sebagai kaligrafer besar pada masa dinasti ini adalah <b>Syaikh Hamdullah al-Amasi </b>yang melahirkan beberapa murid, salah satunya adalah <b>Hafidz Usman</b>. Perkembangan kaligrafi Turki sejak awal pemerintahan Utsmaniyah melahirkan sejumlah gaya baru yang luar biasa indahnya, berpatokan dengan gaya kaligrafi yang dikembangkan di Baghdad jauh sebelumnya. Yang paling penting adalah <b><i>Syikastah, Syikastah-amiz, Diwani </i></b><i>dan <b>Diwani Jali</b></i>. <b><i>Syikastah </i></b>(bentuk patah) adalah gaya yang dikembangkan dari Ta'liq dan Nasta'liq awal. Gaya ini biasanya dipakai untuk keperluan-keperluan praktis. Gaya Diwani pun pada mulanya adalah penggayaan dari Ta'liq. Tulisan ini dikembangkan pada akhir abad ke-15 oleh Ibrahim Munif, yang kemudian disempurnakan oleh <b>Syaikh Hamdullah</b>. Gaya ini benar-benar kursif, dengan garis yang dominan melengkung dan bersusun-susun. Diwani kemudian dikembangkan lagi dan melahirkan gaya baru yang lebih monumental disebut Diwani Jali, yang juga dikenal sebagai <b><i>Humayuni </i></b>(kerajaan). Gaya ini sepenuhnya dikembangkan oleh <b>Hafidz Usman </b>dan para muridnya.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"> </span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"> </span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"> </span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><b>II. Sejarah Perkembangan Kaligrafi di Indonesia</b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;">Di Indonesia, kaligrafi merupakan bentuk seni budaya Islam yang pertama kali ditemukan, bahkan ia menandai masuknya Islam di Indonesia. Ungkapan rasa ini bukan tanpa alasan karena berdasarkan hasil penelitian tentang data arkeologi kaligrafi Islam yang dilakukan oleh <b>Prof. Dr. Hasan Muarif Ambary</b>, kaligrafi gaya kufi telah berkembang pada abad ke-11, datanya ditemukan pada batu nisan makam Fatimah binti Maimun di Gresik (wafat 495 H/ 1082 M) dan beberapa makam lainnya dari abad-abad ke-15. Bahkan diakui pula sejak kedatangannya ke Asia Tenggara dan Nusantara, disamping dipakai untuk penulisan batu nisan [ada makam-makam, huruf arab tersebut (baca: kaligrafi) memang juga banyak dipakai untuk tulisan-tulisan materi pelajaran, catatan pribadi, undang-undang, naskah perjanjian resmi dalam bahasa setempat, dalam mata uang logam, stempel, kepala surat dan sebagainya. Huruf Arab yang dipakai dalam bahasa setempat tersebut diistilahkan dengan huruf <b><i>Arab Melayu, Arab Jawa </i></b>atau <b><i>Arab Pegon</i></b>.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;">Pada abad XVIII-XX, kaligrafi beralih menjadi kegiatan kreasi seniman Indonesia yang diwujudkan dalam aneka media seperti kayu, kertas, logam, kaca dan media lainnya. Termasuk juga untuk penulisan mushaf-mushaf al-Qur'an tua dengan bahan kertas <i>deluang </i>dan kertas murni yang diimpor. Kebiasaan menulis al-Qur'an telah banyak dirintis oleh para ulama besar di pesantren-pesantren smenjak abad ke-16, meskipun tidak semua ulama dan santri yang piawai menulis kaligrafi dengan indah dan benar. Amat sulit mencari seorang <b><i>khattat </i></b>yang ditokohkan di penghujung abad ke-19 atau awal abad ke-20, karena tidak ada guru kaligrafi yang mumpuni dan tersedianya buku-buku pelajaran yang memuat kaidah penulisan kaligrafi. Buku pelajaran tentang kaligrafi pertama kali baru keluar sekitar 1961 karangan <b>Muhammad Abdur Muhili </b>berjudul <i><b>"Tulisan Indah"</b></i> serta karangan <b>Drs. Abdul Karim Husein </b>berjudul <i><b>"Khat, Seni Kaligrafi: Tuntunan Menulis Halus Huruf Arab" </b></i>tahun 1971.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;">Pelopor angkatan pesantren baru menunjukkan sosoknya lebih nyata dalam kitab-kitab atau buku-buku agama hasil goresan tangan mereka yang banyak di tanah air. Para tokoh tersebut antara lain; <b>K.H. Abdur Razaq Muhili, H. Darami Yunus, H. Salim bakary, H.M. Salim Fachry </b>dan <b>K.H. Rofi'i Karim</b>. Angkatan yang menyusul kemudian sampai angkatan generasi paling muda dapat disebutkan antara lain <b>Muhammad Sadzali </b>(murid Abdur Razaq), <b>K. Mahfudz </b>dari Ponorogo, <b>Faih Rahmatullah, Rahmat Ali, Faiz Abdur Razaq </b>dan <b>Muhammad Wasi' Abdur Razaq, Misbahul Munir </b>dari Surabaya, <b>Chumaidi Ilyas </b>dari Bantul dan lainnya. <b>D. Sirajuddin AR </b>selanjutnya aktif menulis buku-buku kaligrafi dan mengalihkan kreasinya pada lukisan kaligrafi.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;">Dalam perkembangan selanjutnya, kaligrafi tidak hanya dikembangkan sebatas tulisan indah yang berkaidah, tetapi juga mulai dikembangkan dalam konteks kesenirupaan atau <i>visual art.</i> Dalam konteks ini kaligrafi menjadi jalan namun bukan pelarian bagi para seniman lukis yang ragu untuk menggambar mahluk hidup. Dalam aspek kesenirupaan, kaligrafi memiliki keunggulan pada faktor <i>fisioplastis</i>nya, pola geometrisnya, serta lengkungan ritmisnya yang luwes sehingga mudah divariasikan dan menginspirasi secara terus-menerus.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;">Kehadiran kaligrafi yang bernuansa lukis mulai muncul pertama kali sekitar tahun 1979 dalam ruang lingkup nasional pada pameran Lukisan Kaligrafi Nasional pertama bersamaan dengan diselenggarakannya MTQ Nasional XI di Semarang, menyusul pameran pada Muktamar pertama Media Massa Islam se-Dunia tahun 1980 di Balai Sidang Jakarta dan pameran MTQ Nasional XII di Banda Aceh tahun 1981, MTQ Nasional di Yogyakarta tahun 1991, Pameran Kaligrafi islam di Balai Budaya Jakarta dalam rangka menyambut Yahun Baru Hijriyah 1405 (1984) dan pameran lainnya.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;">Para pelukis yang mempelopori kaligrafi lukis adalah <b>Prof. Ahmad Sadali </b>(Bandung asal Garut), <b>Prof. AD. Pirous </b>(Bandung asal Aceh), <b>Drs. H. Amri Yahya </b>(Yogyakarta, asal Palembang) dan <b>H. Amang Rahman </b>(Surabaya) dilanjutkan oleh angkatan muda seperti Saiful Adnan, Hatta Hambali, Hendra Buana dan lain-lain. Mereka hadir dengan membawa pembaharuan bentuk-bentuk huruf dengan dasar-dasar anatomi yang menjauhkan dari kaedah-kaedah aslinya, atau menawarkan pola baru dalam tata cara mendesain huruf-huruf yang berlainan dari pola yang telah dibakukan. Kehadiran seni lujkis kaligrafi tidak urung mendapat berbagai tanggapan dan reaksi, bahkan reaksi itu seringkali keras dan menjurus pada pernyataan perang. Namun apapin hasil dari reaksi tersebut, kehadiran seni lukis kaligrafi dianggap para khattat selama ini, kurang wawasan teknik, kurang mengenal ragam-ragam media dan terlalu lama terisolasi dari penampilan di muka khalayak. Kekurangan mencolok para khattat, setelah melihat para pelukis mengolah karya mereka adalah kelemahan tentang melihat bahasa rupa yang ternyata lebih atau hanya dimiliki para pelukis.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span><br />
<br />
<span style="color: cyan; font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: black;"><span style="font-size: small;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="color: magenta;"><span style="color: black;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="color: cyan;"><span style="color: black;"><span style="color: blue;"><span style="color: black;">Perkembangan lain dari kaligrafi di Indonesia adalah dimasukkan seni ini menjadi salah satu cabang yang dilombakan dalam even MTQ. Pada awalnya dipicu oleh sayembara kaligrafi pada MTQ Nasional XII 1981 di Banda Aceh dan MTQ Nasional XIII di Padang 1983. Sayembara tersebut pada akhirnya dipandang kurang memuaskan karena sistemnya adalah mengirimkan hasil karya khat langsung kepada panitia MTQ, sedangkan penulisannya di tempat masing-masing peserta. MTQ Nasional XIV di Pontianak meniadakan sayembara dan MTQ tahun selanjutnya kaligrafi dilombakan di MTQ. </span><b> </b></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></div>heriyadi.rahmadhttp://www.blogger.com/profile/13089817081948784944noreply@blogger.com0